/ digital marketing

Kok Retargeting Campaign Gue di Facebook Kurang Bagus Ya?

Sebagai generasi millennial yang bekerja di industri digital (ecommerce, startup, agency dan teman-temannya), tidak sedikit mendengar celetukan dari sesama marketers, kira – kita begini, β€œkok retargeting campaign gue di Facebook kurang bagus ya?”. Hmmm.. mungkin targetingnya kurang pas, atau mungkin creativenya kurang menarik. πŸ€” Atau mungkin Facebook bukan lagi menjadi media sosial nomor satu berkumpulnya warganet dari yang muda sampai tua πŸ€”. Pertanyaan tersebut terlontar dari sesama digital marketers dengan industri market yang berbeda.

Saya teringat artikel dari SocialMediaToday.

Younger Users are Leaving Facebook – Here’s What to Do

Di artikel tersebut disebutkan, anak muda mulai meninggalkan media sosial Facebook dan berpindah ke Instagram dan Snapchat.

πŸ™‹: Tapi survey di artikel tersebut dilakukan di US. Indonesia bukan US loh.

Benar, tapi bukan berarti Indonesia tidak mengarah ke arah tren yang sedang belangsung di US kan. Buktinya sudah banyak fitur Facebook yang sebelumnya tersedia di US sekarang mulai dirilis di Indonesia, contohnya Explore Feed.

dimasku-retargeting

  • Pada akhirnya pengguna Facebook akan naik 2,4% di tahun 2017, namun kelompok usia 12 sampai 17 akan mengalami penurunan sebesar 4%, penurunan tahun ke 2 berturut-turut untuk kelompok usia tersebut (terjadi penurunan 1,2% di tahun 2016)
  • Snapchat memproyeksikan pertumbuhan pengguna 8% di A.S pada tahun 2017, dengan pengguna antara umur 18 dan 24 meningkat sebesar 19,2%
  • Snapchat diproyeksikan menyalip Facebook dan Instagram dalam kelompok usia 12 sampai 17 dan 18-24 tahun dengan pangsa pengguna media sosial A.S. melonjak menjadi 8%
  • Instagram diproyeksikan tumbuh 23,8% di A.S., dengan pengguna di bawah 12 meningkat 19% dan demografi umur 12 sampai 17 tahun naik 8,8%

Facebook hanya menjadi salah satu contoh top platform untuk melakukan kegiatan pemasaran yang tidak selamanya cocok dengan market dan produk para pemasar. Maka dari itu wajib untuk setiap marketers melakukan tes campaign terhadap platform yang ingin digunakan untuk sarana pemasaran, baik itu adnetwork, top publisher atau media sosial lainya dengan certain budget & waktu untuk nantinya dilakukan evaluasi apakah channel tersebut cocok dengan produk dan target market kita atau tidak.

Happy A/B Testing!