/ web

Why Web Performance Matters?

Saya selalu bereksperimen dengan blog ini agar lebih cepat untuk diakses. Mulai dari menggunakan wordpress dengan fitur seminimal mungkin, menggunakan VPS lokal, menggunakan teknologi AMP, sampai akhirnya menggunakan Compute Engine di Google Cloud Platform. Tidak hanya itu, Saya juga berpindah dari Wordpress ke Ghost. Kenapa website harus cepat?

53% User akan pergi meninggalkan web jika loading web membutuhkan waktu >3 detik - DoubleClick Google

Performance is About Conversion

Mempertahankan user untuk tetap stay di website berperan penting dalam meningkatkan conversion. Misalnya untuk blog ini, conversion yang Saya pakai adalah seberapa banyak user yang membaca tulisan sampai selesai dan berapa banyak user yang memasukkan email subscription. Pokoknya jangan sampai user yang datang pergi duluan karena bete loading web lama.

dimasku.com---web-performance-excellent--1-

Hasil test yang diberikan Google untuk blog saya Excellent. Loading time di jaringan 3G kurang dari 2 detik.

82% Pengguna seluler Indonesia masih menggunakan jaringan 3G/HSPA - KataData.co.id

Performance is About User Experience

dimasku.com---performance-web-frame--1-

Ketika membuka web, kita harus menunggu beberapa detik sampai loading web behenti dan mulai mengkases konten. Pada gambar di atas, user harus menunggu sampai detik ke-2.4 dapat melihat konten pertama. Kadang ada user yang tidak sabar menunggu dan memutuskan untuk keluar atau mencoba mengkases beberapa konten tetapi gagal karena java script tidak bekerja. Di sini, performance web berperang penting terhadap user experience. Dan untuk memberikan user experience yang lebih baik lagi, Saya menggunakan Accelerated Mobile Pages (AMP) agar konten bisa diakses < 1 detik melalui mobile browser.

Yang jelas masih banyak PR untuk membuat blog ini lebih cepat dan nyaman untuk diakses. Keep experimenting!

Udah coba test web kalian?